Laman

Kamis, 19 September 2013

Mudahnya Menghitung Nilai Rata-rata Ijazah SMA



Berawal mengikuti lamaran CPNS Online, tentunya ada kebutuhan administrasi yang harus diisi dan dipenuhi dalam form lamaran. Ketika mengisi Form Lamaran, ada 1 form  yang membuat saya cukup kewalahan dimana form tersebut meminta Nilai Rata-rata Ijazah, sedangkan Ijazah yang saya punya tepatnya Lulusan 2007 tidak tercantum Nilai Rata-rata tersebut. Setelah gugling kesana kemari dapetlah referensi Menghitung Nilai Rata-rata Ijazah SMA yang disadur dari Surat pemberitahuan Pemerintah Kabupaten Bantaeng dalam dokumennya yang di upload via 4shared.

Tercantum dalam poin ke-5 dalam dokumen tersebut, bahwa untuk menghitung Nilai Rata-rata Ijazah SMA menggunakan Rumus sebagai berikut :

Nilai Rata-Rata = Nilai Ujian Nasional + Nilai Ujian Sekolah (Tertulis + Praktek)
Jumlah Mata Pelajaran*
*) Jumlah mata pelajaran terdiri dari jumlah mata pelajaran pada Ujian Nasional ditambah jumlah mata pelajaran pada Ujian Sekolah tertulis ditambah dengan jumlah mata pelajaran pada Ujian Sekolah praktek.

Kalau di hitung menggunakan rumus diatas pada Ijazah SMA berikut, perhitungannya seperti ini :

<<< Klik Gambar untuk Lebih Detail 

Diketahui :
Total Nilai Ujian Nasional : = 23,60
Total Nilai Ujian Sekolah : 52,19 + 43,87 = 96,06
Jumlah Mata Pelajaran : 3+7+6 = 16

Rumus :
Nilai Rata-rata = 23,60 + 96,06
                                16
Nilai Rata-rata = 119,66  = 7,48
                           16
Jadi, Total Nilai Rata-ratanya adalah 7,48

Mudah bukan? hehehe.. selalu inget dira89 yah...
Semoga Membantu dan sukses menyertai kita bersama... :)

106 komentar:

  1. beneran kah cara hitung nya gitu? semoga aja benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. penghitunganya saya sadur dr dokumen pemerintah kabupaten bantaeng (ada di point ke-5),,Insya Allah benar krn dokumen tersebut adalah syarat pendaftaran IPDN,, sy juga menghitung dgn cr itu untuk melamar CPNS... oia, terima kasih y sdh berkunjung... :)

      Hapus
    2. menghitung nem ijazah 2016 bagaimana ya soalnya jumlah nilai unya mencapai ratusan

      Hapus
    3. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau ☎ 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp ☎ 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Hapus
    4. BISA KETANGKAP NANTI KAU BROO

      Hapus
    5. dia boong kalo pas udah di transfer 50% bakal di bawa kabur

      Hapus
    6. Gua korban dia , uang gua raib 7.5 jt d3 dan s1 , mohon bantu saya untuk tangkap pelaku ini

      Hapus
    7. Alhamdulillah terima kasih mas Bambang atas postinganya saya juga telah di bantu sama bapak DR Sutanto, no hp bapak Sutanto yang selalu aktif 0823-5240-6469

      Hapus
  2. klo yang ijazah tahun 2011 bagaimana cara perhitungan.a..
    soal.a di ijazah saya beda dgn contoh dan tahun-tahun sebelum.a...
    mohon dibantu ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ijazah tahun 2011 sy gk dapet referensinya bro... tapi mengingat dokumen yg sy lampirkan diatas adalah dokumen keluaran tahun 2011, sy rasa masih menggunakan rumus yang sama.

      namun untuk lebih pasti coba telepon pihak penyelenggara rekrutmen,,
      trmksh tlh berkunjung... :)

      Hapus
    2. klau seperti ini perhitungan untuk ijazah 2007 sd 2009 maka alhamdulillah sy sampe... ;) ;)

      Hapus
    3. Untuk penghitungan nilai rata2 ijazah smk kwjuruan tahun lulus 2009.bagaimana bang?

      Hapus
  3. ihk kok jumlah mata kuliahnya 16, klu dihitung hanya ada 14 mata pelajaran di hasil tambah dr ujian nasional n sekolah?
    ataukah hanya perumpamaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai yg ada digambar aq ksh warna ungu..
      mksutny angka 16 didapet dr
      Jumlah MatPel Ujian Nasional - Tertulis = 3,
      Jumlah MatPel Ujian Sekolah - Tertulis = 7,
      Jumlah MatPel Ujian Sekolah - Praktik = 6.

      jd dijumlahkan ketiganya = 3+7+6 = 16

      trmksh udh berkunjung... :)

      Hapus
  4. mba, ijazah yg skrgama yg d gambar atas beda , jdii aku bingung mau ngitungnya ya ap .. ?
    minta refrensinya dong mba . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf banget baru bisa balas, untuk periode diatas 2011 saya belum ada referensi.. :(

      untuk informasi yang valid saya sarankan menghubungi tim penyelenggara terkait atau lembaga pendidikan agar menjauhi kesalahan dalam perhitungannya nanti...

      terima kasih telah berkunjung dan sukses menyertai kita bersama.. :)

      Hapus
  5. mantap,, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  6. Kalau izasah 2013 bgaimana cara ngitung nyy... tolng bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf banget baru bisa balas, untuk ijasah periode 2013 saya juga belum ada referensinya.. :(

      untuk informasi yang valid saya sarankan menghubungi tim penyelenggara terkait atau lembaga pendidikan agar menjauhi kesalahan dalam perhitungannya nanti...

      terima kasih telah berkunjung dan sukses menyertai kita bersama.. :)

      Hapus
  7. sangat membantu sekali, terimakasih

    BalasHapus
  8. terimakasih, sangat membantu saya..semoga admin sehat selalu & murah rezeki,,aamiin :)

    BalasHapus
  9. makasih infonyaa,, oyaa ternyata kita satu SMA dan lulus ditanggal yg sama :D

    BalasHapus
  10. nilai ijazah smk bisa gak di hitung jadi IPK 1-4. Mohon Bantuannya

    BalasHapus
  11. terima kasih informasinya, sangat membantu sekali.
    salam.
    www.andijuansyah.id

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. untuk SMKN gimana cara perhitungannya karena di ijazah daftar nilai ujian di point I yaitu Ujian Nasional ada nilai Praktik nya untuk kompetensi keahlian Dan juga ada nilai untuk point III yaitu kompetensi keahlian utama, berbeda dngn SMA yg hanya sampai point II yaitu Ujian Sekolah, Terima Kasih

    BalasHapus
  14. loo kok di bagi 16 gimana caranya kan semua mata pelajarannya 14

    BalasHapus
  15. Kalau untuk tahun kelulusan 2016 bagaimana ? Apa masih tetap sama ??

    BalasHapus
  16. Kalau untuk tahun kelulusan 2016 bagaimana ? Apa masih tetap sama ??

    BalasHapus
  17. lulusan 2016 bagaimana cara menghitungnya ?

    BalasHapus
  18. kak cara menghitung nilai rata-rata UAN itu gimana ?

    BalasHapus
  19. Ini ga beda ya perhitungannya sama lulusan tahun 2008, karena saya lulus tahun 2008

    BalasHapus
  20. cara menghitung nem sma 2016. bagaimana ya?

    BalasHapus
  21. Sama kah dengan penghitungan smk 2016 ?

    BalasHapus
  22. Ka cara menghitung nilai sekolah untuk ijaxah sma 2016 , soalnya di ijazah cuman tercantum nilai rata2 rapor dan nilai ujian sekolah

    BalasHapus
  23. Ka cara menghitung nilai sekolah untuk ijaxah sma 2016 , soalnya di ijazah cuman tercantum nilai rata2 rapor dan nilai ujian sekolah

    BalasHapus
  24. sis ini cara itungnya bener apa ngga ?
    smua ijazah sama atau gimana ?
    saya punya ijazah thn 2016

    BalasHapus
  25. Kalau tahun 2017 gimaa, please tolong di bantu.

    BalasHapus
  26. Kak ngitung buat ijazah 2017 gimana ya?

    BalasHapus
  27. Kak, kalau untuk nilai anak madrasah gmn ya? Kan ada nilai uambn jugaa yg isinya nilai pelajaran agamaaa..

    BalasHapus
  28. Klo nilai skhun : 221.2 nulisnya gimna klo di salin ke ipk?

    BalasHapus
  29. maaf klo untuk ijasah smk gmn yah soalnya ad nilai uji kompetensi juga

    BalasHapus
  30. kalau smk tmatan 2016 gimana caranya?

    BalasHapus
  31. Cara Menghitung nilai rata2 tidak begitu.
    rumus nilai rata2 ijasah = rata2 nilai sekolah + rata2 nilai akhir
    ---------------------------------------
    2
    Nilai Rata2 Ujian Nasional =23,60 : 3 = 7,86
    Nilai rata2 Ujian Sekolah = Nilai Rata2 Tertulis + Nilai Rata2 Praktik
    --------------------------------------------
    2
    Nilai Tertulis = 52,16 : 7 = 7,45
    Nilai Praktik = 43,87 : 6 = 7,31
    Nilai rata2 Ujian Sekolah = 7,45 + 7,31 = 7,38
    ------------
    2

    Jadi Nilai Rata2 Ijasah = 7,38 + 7,86 = 7,64
    -----------
    2

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa kamu yakin ini sudah tentu benar?

      Hapus
    2. Nyimak aja. Masa 7.38 + 7.86 hasilny 7.64.

      Hapus
  32. Kalau cara nilainya puluhan gimna yah mba?

    BalasHapus
  33. Itu kok bisa tau 7,48 dari mana?? 119,66 di tambahkan 16 ya, tolong infonya ya

    BalasHapus
  34. untuk SMK hampir sama caranya,
    A. Nilai UJIAN NASIONAL
    -Jumlahkan nilai tertulis dan dibagi jumlah mata pelajaran tertulis
    -jumlahkan nilai praktek dan dibagi jumlah mata pelajaran praktek
    -jumlahkan kedua nilai tertulis dan praktek tersebut dan dibagi dengan dua
    -hasil akhir itu adalah nilai "RATA-RATA UJIAN NASIOANAL"
    -NEXT

    B. Nilai UJIAN SEKOLAH
    - Langkahnya sama dg langkah mencari Nilai UJIAN NASIONAL

    C. NILAI Rata-rata IJAZAH = Nilai Rata-rata UN+ NilaiRata-rata US
    D. SELESAI, semoga ada yang protes..hehehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang keahliann utama utu gimnaa ya? Kam gakk cuma un dan ujiann sekolah ada keahlian utamnya..

      Hapus
    2. ka boleh minta kontak nyaa. saya ingin belajar saya lulusan thn 2017

      Hapus
  35. Moga bener saya lulusan 2007 SMA uan 19,00 uas 66,20 praktik 46,07 jumlah mata pelajaran 16 jadi 19,00+66,20+46,07 = 131,27 : 16 = 8,204375. Jadi di bulatkan dpt nilai rata rata 8,20 amin moga berkah lulus kemenkumham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bner gk it bang.?soalnya sy jg mw dftr it wkwkw.
      Sy 2010 un 35.35 us 72.05 prktik 92.24 (total us/un/prktik = 199,64 ÷ 28 mata pelajaran = 7.13) .
      Tpi syaratnya harus nilai un 7.0 .jd 7.0 yg dmksd kemenkumham it.dri total nilai un (35.35 ÷ 6 mapel ipa = 5.8 )

      Hapus
  36. misi gan mau nanya , klo nilainya 7.16 masuk ipknya berapa ya ?

    BalasHapus
  37. kalau saya ga ada nilai praktek...ada juga nilai ujian nasional dan nilai ujian sekolah aja..gmna tuh bisa ga?

    BalasHapus
  38. Terimakasih banyak ka sangat membantu smg sukses dunia akhirat ka dira aamiin

    BalasHapus
  39. Klw ipk ijaza smk caranya gimana dan cara mengatahui skala berapa

    BalasHapus
  40. itu nilai ujian nya di hitung dari semua semester apa semester terakhir aja ?

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Kak diijazah smk saya tahun 2017 nah disitu cuma terdapat nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah berarti cara menghitunnya menjumlahkan nilai kedua tersebut lalu dibagi dengan jumlah mapel nilai rata-rata rapor sama ijazahnya ya kak? atau bagaimana caranya kak?

    BalasHapus
  43. Kalo ngitung nilai rata rata un tahun 2014/2015 buat SMA ips gmana ya?

    BalasHapus
  44. Untuk yg Nilainya sampai Puluhan ( bukan koma )
    Nilai UN = (:10)
    Nilai Sekolah = (:10)
    Nilai UN Saya = 250.1
    Nilai Sekolah Saya = 1126
    Jumlah Mata Pelajaran UN = 4
    Jumlah Mata Pelajaran Sekolah = 14
    Nilai UN = 250.1 : 10 = 25.01
    Nilai Sekolah = 1126 : 10 = 112.6
    Jumlah Seluruh Mata Pelajaran = 18
    Total
    (25.01+112.6):18
    137.61:18 =7.645
    7.645 adalah nilai IPKnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Yg aku kan isi ijazah nya ada nilai rapor sama ujian sekolah..jadi yg di jumlahinnya yg mana dong?

      Hapus
  45. Untuk menghitung nilai ijasah/ipk thun 2017 gimna caranya ua...?

    BalasHapus
  46. Bro kalo ngisi nilai rata rata uan/ipk itu gimana sih?

    BalasHapus
  47. Kak, Ijazah SMK saya ada tamabahan mata pelajaran Keahlian.
    Tertera nilai praktik 8.20 tapi dikolom jumlahnya kosong.
    Apakah Nilai Keahlian saya dijumlahkan semua atau tidak ?tolong jawabannya kak

    BalasHapus
  48. Untuk Penerimaan CPNS 2018 juga dijumlah nilai ujian sekolah teori dan praktek ya ?

    Jawaban Anda sangat berarti untuk saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih,. bingun utk cpns 2018. yg kemenkumham ada utk lulusan SMA sederajat. yg diambil yg bagaimana, karena rata2 di transkrip nilai cuma 5,9. tapi di ijazah ada nilai2 sekolah yg total pelajarannya ada 13. sdangkan di UAN ada 6. (ijazah thn 2013)

      Hapus
  49. Kesimpulannya hasil dari pertambahan nilai mata pelajaran dibagi jumlah mata pelajaran kan? Gitu bukan? Kesimpulannya aja jgn bikin puyeng 😅

    BalasHapus
  50. Maaf mau tanya, kalo ngisi grade/gpa di gramedia itu gimana yah? Di lihat dari ijazah atau skhu?

    BalasHapus
  51. Maaf mau tanya, kalo ngisi grade/gpa di gramedia itu gimana yah? Di lihat dari ijazah atau skhu?

    BalasHapus
  52. Kalau skala ipk ijazah smk tuh gimana

    BalasHapus
  53. Bg itu cara penjumlahaan untuk rata"nilai rapor ,usbn,un gmana yh
    Kalau dgbung smua

    BalasHapus
  54. Ijazah saya beda 😫😫😫😫😫😫

    BalasHapus
  55. Bang saya mau nanya, saya kan mau ngelamar kerja untuk SMA/SMK terus tertera di situ harus ngisi nilai IPK sedangkan saya lulusan SMA dan itu wajib diisi, nah saya bingung mau ngisi nilai ipk nya itu nilai ijazah atau UN atau gmna cara menghitungnya?

    BalasHapus
  56. Ka mau nanya, kalo dari sekolah mts daftar cpns. Nilai madrasah nya di pake ga ya? Atau cuma yg umum nya saja? Terima kasih

    BalasHapus
  57. Sy lulusan SMK taun 2010,klo cari nilai ipk nya gmn yah ???

    Help donkkk !!!

    BalasHapus
  58. Jumlah mata pelajaran nya kn 14 bg,kok bsa jadi 16...mohon penjelasan nya ya bg

    BalasHapus
  59. kuy kunjungi kampus terbaik d medan https://www.uma.ac.id/

    BalasHapus
  60. Bagaimana sih kak perhitungan nilai un dan ijazah skala 10?

    BalasHapus
  61. Kalo yg dibutuhkan nilai STTB berarti total Nilai UN + Nilai US (tertulis + praktik) kan ya ?

    Nah trs .. itu butuh dirata2 atau gak (sekedar jumlah) ya kak ?

    Saya bingungnya, yg diminta itu NILAI STTB & NILAI UN.
    Gak tau mksdnya jumlah atau rata2.

    Mksh.

    BalasHapus
  62. info rumus hitung gpa smk nah min
    trm kasih

    BalasHapus
  63. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama Rany, asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau ☎ 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp ☎ 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus
  64. ini ada peraturan kementrian untuk perhitungan secara nasional

    BalasHapus
  65. incredibly impressive more like youve painted a pretty picture over an issue that you know nothing about! I dont want to sound mean, here. But do you really think that you can get away with adding some pretty pictures and not really say anything?
    Olansi luftreiniger - China hepa uvc luftreiniger home luftreiniger hersteller

    BalasHapus
  66. happened to stumble across this website searching for something different, glad I stumbled into it though. Very interesting.
    I got a lump in my throat when I thought of that.
    relevant ist. Dank für Ihre harte Arbeit.

    Brother Ink Cartridges

    BalasHapus
  67. I just added your blog to my blogroll, I hope you would give some thought to doing the same.
    Thanks, what a good post and informative blog, I will bookmark this blog. Thanks
    shopbymark

    BalasHapus
  68. forestall it, any plugin or anything you may advise? I get a lot recently it is driving me mad so any assistance may be very a lot appreciated. Anyway, in my language, there arent much good source like this.
    Hello, i learn your blog sometimes and i personal an analogous one and i was simply wondering in case you get a whole lot of spam comments? In that case how do you stop it, any plugin or something you possibly can advocate? I am getting a lot these days its driving me mad so any help is very a lot appreciated. Anyway, in my language, there arent a lot good source like this.



    TOP Google Ranking On Your Site

    BalasHapus
  69. This really answered my problem, thank you!
    Hey nice blog, just looking around some blogs, seems a pretty nice platform you are using. Im currently using Wordpress for a few of my sites but looking to change one of them shopbymark

    BalasHapus
  70. the above comment, the internet is with a doubt growing into the most important medium of communication across the globe and its due to sites like this that ideas are spreading so quickly.
    I admit, I have not been on this webpage in a long time however it was another joy to see It is such an important topic and ignored by so many, even professionals. I thank you to help making people more aware of possible issues.Great stuff as usual.
    Keep working, nice post!shopbymark

    BalasHapus
  71. hey I'm not able subscribing to your RSS feed. Can you help or do you know why? thanks for the assistance.
    Thank you, Ive recently been looking for information about this subject matter for ages and yours is the best Ive found so far.
    Nice post! GA is also my biggest earning. However, it
    Find a driving test sooner to save time and money.

    BalasHapus
  72. Tadalip 20mg is an effective medication that oversees Erectile dysfunction in men. With Tadalafil 20mg, it works successfully.
    Tadalip 20mg (Generic Cialis)

    BalasHapus
  73. Thank you for sharing your article with us. Do you want to know what are some of the new features available in master royale ios? If you don't know don't worry about I know one article to get info about new features available in master royale ios including unlimited gems, gold, and elixir, access to all cards, and the ability to play battle with other players in real-time, and many more. you want these features, read the article for more information.

    BalasHapus
  74. Ini yg saya cari, referensinya juga ada dikolom komentar, dan rata2, info sekarang ngasih referensi buat ijazah model baru2. Jadi ragu saya, bisa juga ini buat bahan pembelaan, kalao ijazah saya dipermasalahkan

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda disini, bila waktu memungkinkan secepatnya akan saya balas, Terima kasih telah berkunjung... :)