Laman

Sabtu, 30 Juni 2012

Melamar di Perusahaan yang Pernah Kamu Lamar


Pernahkah anda berfikir demikian? atau sedang mempersiapkan berkas lamaran yg mau dikirim besok? sebaikknya baca dulu deh pengalaman gw ini.

Disaat lulus kuliah, gw bingung mau kerja dimana, jadi banyak banget berkas lamaran yang gw kirim ke perusahan yang sedang membuka lowongan pekerjaan, tak terhitung lagi jumlahnya. banyak kesan dan pesan disetiap interview pada perusahaan yang berbeda-beda. ada yang enjoy, tegang, dan pahit, dikarenakan belum sama sekali punya pengalaman pekerjaan. sehingga tata bicara gw belum lancar dan bisa dibilang belepotan. (maklum, gugup..)


semua pengalaman interview perusahaan tersebut pengalaman tahun kemarin, banyak pembelajaran yg gw dapat dari perusahaan yg menerima gw sekarang ini, tapi orang tua menyarankan mencari pekerjaan yang lebih baik. maka diluar aktifitas gw, diam-diam gw memasukkan berkas lamaran di perusahaan yang lain.

Ide gila gw berbicara, bagaimana kalau memasukkan lamaran di perusahaan yang pernah menolak kamu? untung kalo atasannya lupa sama kamu, nahh kalo inget?

ada dua kemungkinan yang bakal jadi feedback kamu disini,
Pertama, kamu akan direspon positif. Karena kamu sudah memiliki bekal pengalaman kerja. sehingga attitude, comunication skill, knowledge kamu sudah lebih baik dari pada saat kali pertama kamu melamar di perusahaan tersebut. (masih ada kemungkinan kamu dapat kerja diperusahaan itu... ngarep)

Kedua, kamu akan direspon negatif. Karena kamu pernah ditolak pada perusahaan tersebut. Pendek cerita tak ada interview lebih lanjut, akan dikonfirmasi via phone.  (udah dapat dibaca kemungkinan sangat kecil u/ kerja di perusahaan tersebut... huhh,, jangan sampe)

sebenernya kedua kemungkinan tersebut tidak bisa menjadi patokan, setiap orang mempunyai pola pikirnya masing-masing dengan jawaban serta kesimpulan yang berbeda-beda pula. Alhasil dari pengalaman gw gara-gara ide gila gw ini bener-bener menjawab kemungkinan yang kedua.. :'(
 
Setidakny gw berani mencoba dan berusaha dan menemukan jawaban ide gila gw sendiri meskipun dengan hasil akhir yang tidak sesuai dengan yang diperkirakan.

jadi pikir-pikir lagi disaat kamu mau masukan lamaran ke perusahaan yang sama. ga ada salahnya juga kalo kamu mau mencobanya, mungkin saja kemungkinan pertama yang sedang berpihak dengan kamu.. Amienn.

1 komentar:

  1. Siang. Maaf mau nanya. Kalau udh mskin lamaran kerja pertama no call dr prshn, mskin lagi nih dipanggil interview 1 tp next step gak da lagi nih,aku masukin lg yg ke 3 kalinya ada panggilan lagi interview, tp smpe skrg udh gak ada di kabarin. Dan itu kan udh lewat thn kemarin. Kalau di msukin lagi itu gimana yah??

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda disini, bila waktu memungkinkan secepatnya akan saya balas, Terima kasih telah berkunjung... :)