Laman

Rabu, 04 Juli 2012

Hands On! Tangrams : Puzzle Peningkat Kreatifitas

 

Mungkin dari kita ada yang belum tau apa itu Tangrams?? sedikit penjelasan yang gw sadur dr sini serta berbagai informasi dari google..

Apa itu Tangrams ?
Tangrams adalah permainan puzzle tua yang dikenal juga dalam matematika. Permainan ini berasal dari negeri China biasa dikenal sebagai 七巧板 (qī qiǎo bǎn). Tangram sendiri adalah puzzle yang terdiri dari tujuh keping bangun datar (disebut 'tan') dan memiliki tiga pola bentuk, yakni 5 buah Segitiga, 1 Jajar Genjang dan 1 Bujur Sangkar . Tujuan permainan tangram itu sendiri adalah menyusun 'tan' tersebut menjadi suatu bentuk, atau mengikuti pola bentuk yang telah disediakan.



Apa Manfaat Bermain Tangrams ?
  • Mengembangkan rasa suka terhadap geometri,
  • Mampu membedakan berbagai bentuk,
  • Mengembangkan perasaan intuitif terhadap bentuk-bentuk dan relasi-relasi geometri,
  • Mengembangkan kemampuan rotasi spasial,
  •  Mengembangkan kemampuan pemakaian kata-kata yang tepat untuk memanipulasi bentuk (misalnya ‘membalik’, ‘memutar’, ‘menggeser’),
  • Mempelajari apa artinya ‘kongruen’ (bentuk yang sama dan sebangun).

Perilisan di Nintendo DS ?
Pada tanggal 24 November 2009 di Amerika Utara, permainan Tangrams dirilis oleh Island Officials untuk platform Nintendo DS dan diberi judul Hands On! Tangrams. Metode permainannya sama dengan penjelasan diatas, namun disini 'tan' tidak kita susun menjadi bentuk yang kita inginkan, tetapi kita menyusun 'tan' sesuai pola bayangan yang telah disuguhkan disetiap levelnya. Ada lebih dari 100 teka-teki yang harus kamu pecahkan dan teka-teki tersebut dikelompokkan ke dalam 10 tema yang berbeda.

Screenshoot.


Official Video.



ESRB memberikan rating E untuk game ini. So, maknanya game ini dapat dimainin untuk siapa saja. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda disini, bila waktu memungkinkan secepatnya akan saya balas, Terima kasih telah berkunjung... :)